Monday, August 20, 2007

Komitment Pers di Kalbar Terhadap Peristiwa Mandor


Salut buat Sdr. Tanto Yakobus, karena inisiatifnya membuat blogspot tentang Peristiwa Mandor. Blogspot ini sangat bermanfaat untuk mengumpulkan berbagai pengalaman / kenangan tentang peristiwa Mandor itu sendiri baik yang dialami sendiri maupun merupakan informasi yang terkumpulkan dari invetigasi maupun cerita dari pihak yang mengetahui persisnya kejadian peristiwa Mandor itu sendiri dan juga kumpulan reaksi serta tanggapan berbagai pihak yang up to date pada saat ini. Artinya bagaimana sudut pandang generasi masa kini untuk kejadian yang silam dalam Peristiwa Mandor.

Saran saya bagaimana jika di buat semacam komitment bersama dari para sesama rekan pers di Kalbar agar selalu memberikan sumbangsih tulisan hasil investigasinya tentang Peristiwa Mandor pada blogspot ini, sebab sebagai jurnalis yang baik tentunya rekan rekan punya naluri dan intuisi jika dalam tugasnya sehari hari menemukan narasumber yang tahu atau interest terhadap Peristiwa Mandor.

Juga akan lebih baik jika Blogspot ini di link pada berbagai pihak di Jepang agar ada juga sudut pandang dan barangkali arsip / bukti ontetik yang mereka miliki, semasa itu para wartawan Jepang juga membuat dokumentasi dan pemberitaan berkenaan dengan kejadian Peristiwa Mandor ini, sudah saatnya pihak Jepang terutama para jurnalisnya turut berpartisipasi untuk memberikan informasi yang sahih tentang peristiwa Mandor ini.

Suatu saat isi blogspot ini dapat menjadi wadah untuk menyatukan semua kepingan puzzle / teka teki menjadi satu gambaran yang nyata mengenai Peristiwa Mandor secara utuh.


Salam Hangat,

Ir. Andreas Acui Simanjaya
August 17, 2007 8:04 AM


Foto: Andreas Acui Simanjaya (dua dari kanan) saat menghadiri peringatan Hari Berkabung Daerah tanggal 28 Juni 2007 di kompleks Makam Juang Mandor.

No comments: