Monday, June 30, 2008

Memaknai Hari Berkabung Daerah

Banyak yang Tak Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Andika Lay
Borneo Tribune, Pontianak

Instruksi Gubernur Kalbar instansi vertikal, pemerintah daerah, lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta dari tingkat Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi, BUMN dan BUMD, swasta serta di setiap rumah penduduk di wilayah Provinsi Kalimantan Barat untuk mengibarkan bendera setengah tiang selama satu hari, pada tanggal 28 Juni 2008 ternyata semua warga maupun perkantoran menjalaninnya.
Berdasarkan pantauan, Borneo Tribune di beberapa lokasi di Kota Pontianak, Sabtu (28/6) pukul 09.00 Wib masih banyak ditemukan tidak seragam warga mengibarkan bendera setengah tiang di berbagai kantor instansi pemerintah maupun swasta dan pemukiman warga.
Hanya sebagian sebagai Kantor Pemerintahan maupun swasta dan pemukiman warga yang mengibarkan bendera setengah tiang. Tampak pantauan kami kantor-kantor yang mengibarkan bendera setengah tiang, gedung DPRD Prov, Kantor Gebernur, Kantor BPK RI Perwakilan kalbar, Pendopo Gubernur, Kantor Kependudukan dan Capil, Mapolsekta Pontianak Timur dan beberapa kantor lainnya. Sejumlah kantor instansi pemerintah, instansi vertikal dan perumahan masyarakat terlihat tidak mengibarkan bendera setengah tiang dan ada satu tiang penuh.
Seperti diketahui, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2007 tentang Peristiwa Mandor pada 28 Juni sebagai Hari Berkabung Daerah (HBD) Provinsi Kalimantan Barat, Bab IV pasal 5 menetapkan Mandor sebagai Hari Berkabung Daerah yang wajib dilaksanakan setiap tahunnya dengan kegiatan-kegiatan yang merenungkan dan memaknai kejuangan nasional tersebut.
Oleh karena itu, Gubernur Kalimantan Barat, Drs. Cornelis, MH melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Drs.H Syakirman menginstruksikan kepada instansi vertikal, pemerintah daerah, lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta dari tingkat Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi, BUMN dan BUMD, swasta serta di setiap rumah penduduk di wilayah Provinsi Kalimantan Barat untuk mengibarkan bendera setengah tiang selama satu hari pada tanggal 28 Juni 2008. Hari Berkabung Daerah atas tragedi mandor ini masih kurang sosialisasi untuk memaknainya.

No comments: